Night Diamond PENGERTIAN DAN PENJELASAN JARINGAN KOMPUTER - SEPUTAR INFORMASI TKJ DAN NARUTO -->
SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG
BLANTERWISDOM101

PENGERTIAN DAN PENJELASAN JARINGAN KOMPUTER

Friday 23 October 2020




Assalamualaikum Wr.Wb

Apa Kabar Semuanya?? Semoga Kabarnya Hari Ini Jauh Lebih Baik Dari Hari Kemarin Dan Tentunya Selalu Dalam Lindungan Allah Swt

 

Kali ini saya akan membahas mengenai pengertian Jaringan Komputer dan Manfaat Jaringan Komputer. yuk simak penjelasannya di bawah ini.  Selamat membaca

Apa itu jaringan computer ? Disini ada beberapa pendapat menurut para ahli mengenai pengertian dan penjelasan jaringan computer. Namun seblum ke pengertian jaringan computer, yuk kita kepegertian computer terlebih dahulu.!!

PENGERTIAN KOMPUTER




Komputer berasal dari kata Computare yang artinya menghitung. Secara bahasa komputer didefinisikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.Secara umum, Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu.

 

PENGERTIAN KOMPUTER MENURUT PARA AHLI

1.    Menurut Larry Long & Nancy Long, Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logic.

2.    Menurut American Standard Institute, Komputer adalah suatu pemroses data (data prosesor) yang dapat melakukan perhitungan yang lebih besar dan cepat termsuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoprasikanya selama pemrosesan.

3.    Menurut Elias M.Awad, Komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

 

A.      PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER




Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk Saling menukar data. Tujuan dari jaringan komputer ialah agar bisa mencapai tujuannya, pada bagian dari setiap jaringan komupter bisa memberikan serta meminta layanan (service). Pihak yang menerima/meninta layanan disebut dengan klien (client) serta yang melakukan pengiriman/yang memerikan layanan disebut dengan server

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER MENURUT PARA AHLI

1. Menurut Melwin Syafrizal (AMIKOM Yogyakarta) Jaringan Komputer yaitu himpunan  “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi   kabel atau tanpa kabel (wireless)

2.   Menurut Madcoms Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi

3.    Menurut Techi Wire House Pengertian Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.

4.  Menurut Izaas el Said (pakar jaringan komputer) Pengertian jaringan Komputer adalah Sebuah   sistem di mana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.

   Nah setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian jaringan Komputer, kita lanjut ke pembahasan, apa sih manfaat jaringan computer ini?

 

B.      MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

 


1.    Jaringan Komputer dapat sharing resource (data, program, peripheral komputer). Dalam hal ini        jaringan komputer memberi kemudahan yang memungkinkan anda untuk sharing data dengan     menggunakan fitur wire Network dan wireless.

2.   Jaringan Komputer media komunikasi efektif dan multimedia. Jadi untuk jarkom ini menjadi media dalam komunikasi yang efektif dengan melalui teks, gambar, vidio Dll

3.    Jaringan Komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien

4.    Jaringan Komputer menghemat biaya pengembangan dan pemeliharaan.

5.   Jaringan Komputer dapat menjaga keamanan data lebih terjamin (hak akses).

 

Selanjutnya yukk kita bahas mengenai Jenis Jenis jaringan computer

C.      JENIS – JENIS JARINGAN KOMPUTER

 

1.    JENIS JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN POLA PENGOPERASIANNYA

a. Jaringan Client-server merupakan sebuah hubungan jaringan yang menggunakan prinsip  pelayanan dan yang di layani. dalam jaringan ini ada yang menjadi server dan ada juga yang jadi client



b.      Peer to peer adalah kumpulan 2 atau lebih komputer yang terhubung dalam jaringan untuk melakukan koneksi, berbagi data (sharing) dan memakai sumber daya ( resource ) komputer lain seolah itu komputer sendiri, Tanpa adanya PC yang di jadikan Server pusat.

 

2.    JENIS JARINGAN BERDASARKAN MEDIA TRANSMISI

a.       Wire Network  Merupakan jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Pada sebuah network, media transmisi memegang peranan yang sangat penting, karena informasi atau data akan diangkut melalui media transmisi. Pada Wire Network, ada beberapa pilihan kabel yang dapat digunakan, yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair (TP) dan kabel fiber optic.




b.      Wireless (Tanpa Kabel) merupakan Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

 

3.    JENIS JARINGAN BERDASARKAN JANGKAUANNYA




a.       LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

b.      MAN (Metropolitan Area Network) Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

c.       WAN (Wide Area Network) Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

d.      Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah.

 

Okk.. mungkin cukup sampai disini ya pertemuan kali ini, semoga bermanfaat !!

Terimakasih J 

Silahkan Baca- Baca Juga mengenai materi Topologi jaringan, di Link Bawah Ini Ya!!

Topologi Jaringan


        Teman - Teman Juga dapat melihat Tutorial Praktek TKJ lengkap di Link bawah ini ya !! Jangan Lupa di Subscribe, Like dan Share.

Tutorial Praktek TKJ 


Silahkan isi daftar hadir dan serahkan tugasnya dilink bawah

Daftar hadir dan Penyerahan Tugas




Share This :